MPLS merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah dalam rangka memperkenalkan para peserta didik baru pada semua hal yang berhubungan dengan sekolah. Biasanya kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh sekolah-sekolah diawal tahun pelajaran sehingga peserta didik baru bisa beradaptasi sebelum memasuki proses pembelajaran yang lebih insentif.
MPLS untuk tahun pelajaran 2024/2025 di SMA Negeri 2 Ruteng Purang digelar selama 4 hari berturut-turut, mulai pada tanggal 15-18 Juli 2024. Sebanyak 309 peserta didik baru turut serta dalam MPLS tahun ini di SMA Negeri 2 Ruteng Purang. Kegiatan ini dikoordinasi oleh Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 dengan penanggung jawab (kepada sekolah) Bapak Ferdinandus Jebarut, S.Pd dan ketua panitia Kanisius Mon, S.Pd. Kolaborasi penting juga terjalin antara panitia dengan Wakil Kepala Bidang Kesiswaan dan Pembina OSIS serta seluruh anggota OSIS yang turut berperan aktif dalam kelancaran kegiatan ini.
Selama MPLS 2024, peserta didik baru diajak untuk mengikuti beragam kegiatan dan mendapatkan berbagai materi yang bermanfaat. Beberapa narasumber dari dalam dan luar sekolah turut berkontribusi dalam kegiatan ini. Adapun narasumber dari luar sekolah yaitu dari tim forum anak/Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) dengan materi “forum anak kecamatan” dan “Pentingnya Etika dan Moral”. Selain itu, guru-guru SMA Negeri 2 Ruteng Purang juga turut berperan sebagai narasumber dengan menyampaikan informasi seputar “tata tertib sekolah, kurikulum, cara belajar efektif, pencegahan kekerasan, pembinaan mental beragama, visi misi sekolah, ekstrakurikuler dan lain sebagainya”.
Berharap agar peserta didik baru dapat mengikuti MPLS ini dengan semangat dan sungguh-sungguh, sehingga mendapat pengalaman baru yang menyenangkan, mengenal teman-teman baru, para guru dan karyawan, norma, nilai, dan tata tertib yang berlaku di sekolah sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang secara optimal di lingkungan pendidikan yang kondusif di SMA Negeri 2 Ruteng Purang.
Tinggalkan Komentar